Karang Gigi (Kalkulus)

Karang Gigi (Kalkulus) – Karang gigi merupakan kotoran pada gigi yang menempel dan sulit untuk dihilangkan. Sebab karang gigi yang sudah terbentuk akan melekat atau menempel sangat kuat pada gigi, sehingga jika dibersihkan dengan sikat gigi saja tidak akan mampu melepaskannya. Karang gigi memiliki istilah medis Kalkulus, kondisi dimana gigi akan berwarna hijau atau kuning nantinya. Karang gigi bisa berada pada gigi siapa pun, sebab terbentuknya karang gigi juga dari sisa makanan yang di konsumsi. adanya karang gigi memang tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi penampilan gigi terlihat kurang baik dengan adanya karang dan juga akan menyebabkan bau mulut juga. untuk itu meskipun tidak terganggu dengan rasa sakit tetapi akan menurunkan kepercayaan diri orang yang memiliki karang gigi. Banyak yang kurang percaya diri dengan adanya karang gigi, sehingga tidak dapat tersenyum dengan bebas dengan adanya karang gigi sebab khawatir orang lain yang menjadi lawan bicara melihat karang gigi dan mencium bau mulut.

Penyebab Karang Gigi (Kalkulus)

Perlu diketahui pembentukan karang gigi tidak terlalu cepat, maka dari itu sebelum ada karang gigi terdapat plak gigi. Plak gigi awal mulanya karang gigi, merupakan lapisan bening yang tidak terlihat dengan kasat mata saja. Plak gigi akan terbentuk setelah beberapa menit makan lalu menempel pada gigi. Plak akan melapisi gigi, dan lama kelamaan akan mengeras apabila tidak dibersihkan, dan menjadi karang gigi pada akhirnya. Plak juga terbentuk dari protein dan campuran bakteri sehingga dapat menempel kuat pada gigi jika tidak dibersihkan.

plak

Jadi penyebab karang gigi (Kalkulus) terbentuk karena asupan makanan yang di konsumsi, dan juga karena kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik. setelah makan apa pun jika tidak dibersihkan akan di bercampur dengan bakteri, sehingga menghasilkan lapisan bening pada gigi yang akan menjadi plak. Jadi faktor penyebab terbesar adanya karang gigi (Kalkulus) dikarenakan oleh kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga dengan baik. maka dari itu sejak dini membiasakan membersihkan gigi sangat lah penting.

Dampak Karang Gigi (Kalkulus)

Karang gigi (Kalkulus) terbentuk karena sisa makanan yang masuk lalu bercampur dengan bakteri dan menempel sampai pada akhirnya mengeras menjadi karang. Masih banyak orang yang kurang peduli dengan kebersihan mulut dan gigi sehingga sering mengalami masalah pada kesehatan mulut serta bagian mulut lainnya. padahal ada dampak buruk yang terjadi akibat dari terbentuknya karang gigi (Kalkulus). Dibawah ini beberapa dampak karang gigi :

  • Dampak yang bisa dialami karena adanya karang gigi (Kalkulus) adalah radang gusi. Radang gusi disebabkan oleh infeksi bakteri juga. sebelum bakteri menginfeksi gusi maka bakteri akan menginfeksi gigi yang kotor karena ada karang. Karena karang menempel pada bagian atas gigi jadi sangat dekat dengan gusi, sehingga bakteri bisa dengan mudah menginfeksi gusi juga maka dari itu tidak jarang bisa menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah akibat radang gusi yang terjadi.
  • Masalah pada gusi saja sudah termasuk kondisi yang serius, sebab gusi bisa keropos atau rusak jadi gigi pun bisa rontok, tetapi masih ada lagi yang lebih parah dampak dari karang gigi (Kalkulus) yaitu penyakit jantung atau pun juga penyakit stroke. Bakteri yang terdapat pada karang bisa masuk ke pembuluh darah gusi sehingga akan terjadi penyumbatan sehingga darah tidak mengalir dengan baik, sehingga dampaknya penyakit jantung.

Membersihkan Karang Gigi (Kalkulus)

Ada banyak dampak buruk untuk kesehatan tubuh karena karang gigi (Kalkulus) yang menempel pada gigi. Maka dari itu sebaiknya karang gigi segera diatasi atau dibersihkan agar karang gigi tidak semakin parah. karang gigi bisa dibersihkan dengan beberapa cara dibawah ini :

  • Cara menghilangkan karang gigi (Kalkulus) yang paling utama dengan scaling gigi. Scaling merupakan metode membersihkan karang gigi di dokter gigi. Karena karang gigi keras, sehingga ada teknik yang harus dilakukan untuk membersihkan karang gigi. Scaling akan melepaskan karang yang melekat kuat pada gigi. Bukan hanya karang di lapisan kulit depan saja yang akan hilang, karang yang berada di cela gigi bahkan sampai akar bisa di hilangkan dengan metode scaling. Sangat di sarankan membersihkan gigi dengan scaling minimal 6 bulan sekali, agar kesehatan dan kebersihan mulut terjaga dengan baik.
  • Ada pun cara alami yang akan membantu mengurangi karang gigi (Kalkulus) yaitu dengan menggunakan baking soda. Umumnya baking soda memang untuk kue tetapi baking soda juga bisa mengurangi karang gigi sebab bakteri dapat di kurangi dengan menetralkan asam di mulut. asam mulut dapat di netralkan dengan baking soda. Caranya dengan larutkan baking soda di air, lalu gunakan airnya untuk berkumur sehingga gigi akan lebih bersih.
  • Jika karang gigi (Kalkulus) sudah hilang maka rawat gigi dengan baik agar karang gigi tidak akan terbentuk lagi. merawat gigi dengan rajin gosok gigi minimal 2 kali, akan lebih bagus jika lebih sering. tambahkan obat kumur dan juga benang untuk membersihkan cela gigi. (By:RM)

Karang Gigi (Kalkulus)

Cara Beli Dr Dental Care Liquid

Dr Dental Care Liquid Obat Kumur Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Radang Gusi, Bau Mulut, dan lainnya

Harga Dr Dental Care Liquid

Harga Dr Dental Care Liquid Obat Gusi Bengkak Ampuh

Harga Dr Dental Care Liquid 1 Botol isi 250ml = Rp.250.000,-

Cara Pemesanan Cepat Dr Dental Care Liquid:

SMS ke 0852-1617-3268 , tuliskan : Pesan Dr Dental Care Liquid, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap, Pembayaran Anda via Bank Apa


=====================================

>>> Dr Dental Care Liquid Obat Kumur Untuk Membersihkan Karang Gigi, Mencegah Sakit Gigi, Gigi Berlubang, Bau Mulut, Dan lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Karang Gigi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.